Sunday, May 21, 2017

Top Rekomendasi Tempat Wisata Alam Temanggung

Temanggung, mungkin kota yang satu ini terkenal dengan julukannya sebagai "tanah Tembakau", tapi tahukah anda apakah sebenarnya wisata alam Temanggung juga banyak yang menarik? Ya, mungkin tidak semua orang tahu ini, karena wisata di Temanggung tidak sepopuler tempat wisata lain yang ada di provinsi jawa tengah.

Lokasi Temanggung secara geografis dikelilingi oleh 4 kabupaten besar yaitu Kendal, Semarang, Magelang dan Wonosobo juga. Karena itu, Temanggung sama sekali tidak memiliki daerah pantai, tapi itu tidak membuat Temanggung kehilangan daya tariknya karena tidak adanya pantai yang digantikan oleh deretan gunung - sebuah gunung di Jawa Tengah.

Meski tak diketahui, namun tak segan menjaga agar Temanggung memanjakan para pelancong dengan obyek terbaik berupa mayoritas yang sangat memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Mau tau, apa saja wisataalam Temanggungyang paling atraktif? dia adalah.

Curug Surodipo (Curug Ngrompol) - Wisata Alam Temangung


Temangung dulu sifatnya yaitu Curug Ngrompol. Merupakan objek wisata yang berada di bagian utara kabupatenvTemanggung, Wonoboyo. Secara administratif, CurugvSurodipovmasuk di DesavTawangsari, Kecamatan Wonoboyo.
CurugvTrocoh, tetap terlihat natural dan cantik karena belum terlalu banyak orang yang menyentuhnya. Curug memiliki pemandangan bentang alam yang sangat indah dalam bentuk gunung yang sangat mempesona. Namun sebagai salah satu objek wisata yang belum banyak pengunjung, akses jalan ke lokasi belum memadai. Jalan-jalan yang berliku dan menanjak adalah jalur yang harus ditempuh untuk mencapai lokasi curug.

Embung Kledung


Bendungan adalah danau buatan yang memiliki ukuran lebih kecil dari waduk. Di Temanggung ada Bendungan yang sangat indah dengan suasana sekitar yang begitu alami. Dam Kledung, ya begitulah nama bendungan yang semula digunakan sebagai sarana irigasi untuk mengairi lahan pertanian masyarakat setempat.


Bendungan Alam Kledung terletak di Kecamatan Kledung, sebelah barat kotaParakan. Tampilan yang dipajang disekitar bendungan ini sangat menawan dengan masih sangat bersih. Bahkan garmen putih dengan pantulan Gunung Sindoro terlihat sangat jernih dari air. Apalagi kalau ada yang berkunjung ke Dam saat cuaca cerah-cerahnya, pastinya semua pemandangan jelas terpapar disekitarakan pantulan air jernih. Pemandangan hutan pinus dan Gunung Sindoro dan Sumbing membuat suasana liburan Anda seperti di Eropa.

Prasasti Gondosuli


Pemandangan alam temanggung yang satu ini merupakan salah satu objek wisata bersejarah yang ada di Temanggung. Bahkan bisa dikatakan satu-satunya kota wisata yang paling bersejarah. Pemandangan ini terletak di Desa Gondosuli Kecamatan Bulu.

Mengapa disebut-sebut sebagai wisata paling bersejarah di Temanggung, karena prasasti itu berisi segala hal tentang kehidupan sosio-kultural masyarakat Temanggung jaman dahulu. Prasasti ini ditulis pada tahun 832 sesuai dengan sejarah dan juga menjadi saksi bisu dinasti berjayanya sanjaya pada masa pemerintahan Rakai Sesar (RakaryanPatapanPu Palar) kemudian Tengah melayani sebagai Raja Kerajaan Hindu (Mataram kuno).

Meski tidak setenar Borobudur atau Candi Prambanan di Jawa Tengah dan wisata lebih banyak, namun bagi masyarakat lokasi wisata Temanggung ini sangat berarti. Mengingat sejarah panjang perjuangan masyarakat Temanggung terkandung di dalamnya. Nah bagi anda yang juga tergelitik oleh masyarakat sejarah Temanggung, cuzz hanya mengunjungi yang satu ini.

Taman air Pikatan


Merupakan salah satu daya tarik air yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak. Obyek wisata ini di Desa Mudal Kecamatan Temanggung. Pesawat ruang angkasa ini cukup terkenal di kalangan masyarakat Temanggung.

Lokasi strategis ditambah dengan udara sejuk membuat wahana yang satu ini cenderung menjadi salah satu hari libur bersama keluarga. Memanfaatkan mata air asli yang ada di daerah tersebut, tentu saja air yang digunakan di dalam kendaraan sangat jernih dan pastinya bersih.

Di media ini ada taman bermain untuk anak-anak seperti kereta api, mobil mainan dan juga tempat kolam renang yang tentunya sangat digemari oleh anak-anak. Sedangkan untuk usia mayoritas, ada kolam renang dengan air jernih.

Pohon Walitis


Mengunjungi Temanggung tidak lengkap rasanya seperti jika Anda belum berhenti di kawasan hutan Rasamala. Ya, inilah yang dihutan tinggal pohon yang menakjubkan yang dikagumi oleh para wisatswan karena ukurannya yang tidak berantakan. Pohon yang disebut Walites, adalah pohon berketinggi

No comments:

Post a Comment